Rabu, 06 Desember 2017

Bahan Konduktor, Semikonduktor, dan Isolator

Assalamualaikum chingu:)

   apakah kalian tahu, semua benda mudah untuk menjadi bermuatan listrik? gak semuanya sih, karena setiap benda juga memiliki ciri khas tersendiri. Di dalam benda, elektron-elektron ada yang mudah bergerak dan ada yang sulit  bergerak sehingga untuk menghantarkan listrik pun benda memiliki kemampuan yang berbeda. Daya hantar dan  konduktivitas adalah kemampuan suatu zat untuk menghantarkan arus listrik.
    Benda dibedakan menjadi tiga berdasarkan kemudahannya menghantarkan listrik, yaitu sebagai berikut.

A. Konduktor 

tembaga merupakan bahan konduktor

      Konduktor adalah bahan yang mudah menghantarkan listrik atau mudah dialiri listrik. Elektron di dalam bahan konduktor tidak terikat kuat oleh inti atom sehingga mudah bergerak atau berpindah. Jika bahan konduktor didekatkan atau disentukan dengan benda bermuatan positif, maka elektron pada bahan konduktor ditarik oleh benda bermuatan positif dan berpindah dengan mudah. Contoh bahan konduktor adalah bahan logam seperti tembaga, besi, dan aluminium.

B. Semikonduktor
   
germanium merupakan bahan semikonduktor

  Semikonduktor adalah bahan yang agak mudah menghantarkan listrik atau agak mudah dialiri listrik. Kemampuan menghantarkan listrik pada bahan ini berada di antara bahan konduktor dan isolator. Elektron dalam bahan semikonduktor tidak terlalu mudah berpindah. Contoh bahan semikonduktor adalah germanium dan silikon.

C. Isolator

kertas merupakan bahan dari isolator

  Isolator adalah bahan yang sulit untuk menghantarkan listrik atau sulit dialiri listrik. Elektron dalam bahan isolator sangat sulit untuk berpindah karena terikat sangat kuat oleh inti atom. Contoh bahan isolator adalah plastik, kayu, dan kertas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar