Rabu, 06 Desember 2017

Bagian-Bagian Utama Bumi

Assalamualaikum Chingu:)

  Kita tentunya hidup di planet Bumi, Bumi adalah planet ke-3 dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar ke-5 dari Tata Surya. Bumi adalah satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh mahluk hidup, seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Bumi memiliki karakteristik tertentu sehingga dapat mendukung kehidupan mahluk. Bumi terdiri atas tiga bagian utama, yaitu Litosfer, Hidrosfer, dan Atmosfer.


A. Litosfer
      kata litosfer berasal dari bahasa Yunani, yaitu lithos (batuan) dan sphaira (bulatan atau bola). Litosfer adalah lapisan kulit bumi yang berupa batuan, terletak antara permukaan Bumi sampai kedalaman kurang lebih 100km. Litosfer ini meliputi kerak Bumi dan lapisan luar mantel Bumi. Unsur penyusun litosfer antara lain oksigen (46,6%), silikon (27,7%), dan aluminium (8,1%).
   Litosfer didominasi dengan batuan. Batuan adalah benda padat buatan alam yang tersusun dari satu mineral atau lebih. Batuan yang menyusun litosfer digolongkan berdasarkan asal terbentuknya dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

1). Batuan Beku


       Batuan beku terbentuk dari magma yang membeku diperut Bumi atau lava yang membeku di permukaan Bumi. Contohnya adalah batu granit, gabro, basal, dan obsidian.

2). Batuan Sedimen

       Batuan sedimen dihasilkan dari proses pengendapan bebatuan yang terendapkan secara berlapis-lapis, lalu tertekan, dan mengeras. Contohnya adalah batu pasir, batu gamping, batu lempung, batu lumpur, dan batu serpih.

3) Batuan Metamorf


    Batuan metamorf berasal dari batuan lain yang berubah mineralnya akibat terkena suhu dan tekanan yang tinggi. Contohnya adalah batu pualam, batu marmer, batu sabak, batu barn, batu topas, dan batu permata.

B. Hidrosfer
      Hidrosfer adalah bagian Bumi berupa air. Air ini dapat berupa padat (es), cair, dan gas (uap air). Permukaan Bumi terdiri atas 70% air.

C. Atmosfer
      Atmosfer berasal dari kata atmos (gas atau uap) dan sphaira (bola). Jadi, atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti Bumi. Semakin ke atas, kerapatan dan tekanan pada atmosfer semakin kecil. Atmosfer tetap pada tempatnya karena gaya tarik Bumi. Atmosfer indentik dengan udara karena kandungan dalam udara terdiri atas berbagai gas, antara lain nitrogen (78%), oksigen (21%), karbon dioksida (0,03%), argon (0,9%), kripton-neon dan gas-gas lain (0,07%). Atmosfer melindungi kehidupan di Bumi dengan menyerap radiasi sinar ultraviolet dari Matahari dan mengurangi suhu ekstrem di antara siang dan malam. Atmosfer dibedakan menjadi empat lapisan, yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer.

1 komentar:

  1. Titanium Gray - Titanium Art
    If ford focus titanium hatchback you're looking for a beautiful blue titanium cerakote red glass masterpiece from the early 1980s, then you've titanium nitride bolt carrier group come to the right place! titanium sheet metal This classic art piece is designed with a solid resin $14.00 · ‎In stock titanium mountain bikes

    BalasHapus